Pengertian Kedaulatan Menurut Jean Bodin


Perlu diketahui, kedaulatan berasal dari bahasa Arab. Yaitu Daulat yang artinya kekuasaan pemerintahan, tetapi juga memiliki bahasa latin yang disebut Supremus yang artinya tertinggi. Sementara pengertian kedaulatan menurut Jean Bodin memiliki dua macam sehingga masyarakat dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Pengertian Kedaulatan Menurut Jean Bodin

Walaupun sifat kedaulatan menurut Jean Bodin memiliki persamaan dengan para ahli lainnya, tetapi menurut Jean Bodin kedaulatan dibagi menjadi dua macam. Tujuannya agar masyarakat tidak berselisih paham dan menjadikan pengertian tersebut sebagai pacuan agar menjadi pribadi lebih baik. Berikut ada pengertian menurut Jean Bodin, antara lain:

Kedaulatan Ke Dalam

Pengertian kedaulatan yang pertama adalah kedaulatan ke dalam atau disebut inten. Artinya adalah negara atau pemerintahan berhak mengatur semua urusan rumah tangga melalui lembaga negara. Pastinya tanpa campur tangan negara lain. Baca juga: Pengertian Negara Menurut Aristoteles

Contoh kedaulatan intern adalah pemilu, pembangunan, mengatur pajak dan lain-lain. Di Indonesia banyak contoh kedaulatan intern, apalagi penduduk semakin padat sehingga banyak yang mengeluhkan masalah.

Kedaulatan Ke Luar

Pengertian kedaulatan menurut Jean Bodin selanjutnya adalah kedaulatan ke luar atau dikenal ekstern. Sementara kedaulatan tersebut memiliki arti adanya kebijaksanaan pemerintah dalam hal mengadakan hubungan maupun kerjasama dengan negara lain atau disebut hubungan internasional.

Walaupun kedaulatan ekstern termasuk menjalin hubungan internasional, tetapi memiliki prinsip-prinsip penunjang sehingga hubungan internasional berjalan lancar tanpa masalah. Prinsio-prinsip tersebut dijabarkan pada ulasan dibawah ini:

Prinsip Souverighn

Prinsip Souverighn disebut sebagai pengakuan persamaan derajat menjadi negara meredeka. Antar sesama wajib memperhatikan persamaan derajat atau tak boleh sombong tatkala ada yang menasehati atau membrikan wejangan.  Alasannya karena masyarakat Indonesia adalah negara merdeka.

Resiprositas

Anda dapat melihat teori kedaulatan Jean Bodin melalui prinsip Resiprositas atau timbal balik antar individu yang saling menguntung.

Courtesy

Courtesy sering disebut bentuk saling menjaga kehormatan antar negara sehingga menghasilkan masyarakat yang cinta damai tanpa perselisihan.

Pacta Sunt Servanda

Sementara prinsipn Pacta Sunt Servanda memiliki arti mentaati serta melaksanakan perjanjian yang sudah disepakati.

Tidak mencampuri urusan dalam negara lain

Sejatinya, tidak ada yang mencampuri urusan negara lain adalah jika antar individu memiliki pemikiran yang positif.

Pengertian kedaulatan menurut Jean Bodin dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari, apalagi sifat kedaulatan menurut Jean Bodin memiliki nilai positif.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kedaulatan Menurut Jean Bodin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel