close

Raja Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara mengalami pergantian seorang sebanyak 12 kali dalam masa kejayaannya. Kerajaan Tarumanegara sendiri merupakan kerajaan Hindu nomor dua setelah Kerajaan Kutai. Letak kerajaan tarumanegara ada di Pulau Jawa, tepatnya ada di Lebak, Banten.

Berikut Ini Deretan Raja Kerajaan Tarumanegara

1. Raja Jayasingawarman

Beliau merupakan raja pertama yang memerintah Kerajaan Tarumanegara. Beliau memimpin kerajaan mulai tahun 358 Masehi hingga tahun 382 Masehi. Beliau sekaligus juga merupakan pendiri dari Kera.

Baca juga: Kesultanan Demak

2. Raja Dharmayawarman

Raja Dharmayawarman sempat memerintah Kerajaan Tarumanegara sejak tahun 382 Masehi sampai tahun 395 Masehi. Beliau menggantikan kepemimpinan raja sebelumnya yang tidak lain merupakan ayahnya.

3. Raja Purnawarman

Masa pemerintahannya yaitu sejak tahun 395 Masehi sampai tahun 434 Masehi. Ketika di bawah kepemimpinannya, Kerajaan Tarumanegara mengalami masa keemasan. Pada saat itu, kerajaan mampu menguasai 48 kerajaan kecil.

 

4. Raja Wisnuwarman

Lama pemerintahan di bawah pimpinan Raja Wisnuwarman adalah selama kurun waktu 21 tahun, terhitung sejak tahun 434 Masehi hingga tahun 455 Masehi. Pada masa pemerintahannya terjadi pemberontakan yang dilakukan Cakrawarman yang merupakan paman beliau.

5. Raja Indrawarman

Beliau sempat menjadi Raja Kerajaan Tarumanegara dari tahun 455 Masehi sampai tahun 515 Masehi. Raja Indrawarman berhenti menjadi pemimpin karena telah meninggal, kemudian kekuasaannya jatuh pada anaknya.

 

6. Raja Candrawarman

Candrawarman memerintah Kerajaan Tarumanegara sejak tahun 515 Masehi hingga tahun 535 Masehi. Pada masa pemerintahannya diberlakukan sistem otonomi daerah, sehingga setiap daerah dapat mengelola daerahnya masing-masing.

7. Raja Suryawarman

Masa pemerintahan Raja Suryawarman berjalan mulai tahun 535 Masehi sampai tahun 561 Masehi. Di bawah kepemimpinannya, Kerajaan Tarumanegara mengalami perluasan wilayah ke daerah timur.

 

8.Raja Sudhawarman

Kerajaan Tarumanegara dipimpin oleh Raja Sudhawarman selama 11 tahun, yaitu mulai tahun 628 Masehi sampai 639 Masehi. Pada masa kepemimpinannya, Tarumanegara justru mengalami kemunduran.

9. Raja Hariwangsawarman

Beliau memerintah kerajaan hanya sebentar, yaitu sejak tahun 639 Masehi sampai tahun 640 Masehi. Hal ini disebabkan karena karakternya yang kasar dan semena-mena, sehingga ia dibunuh oleh Kertawarman yang merupakan anak angkatnya.

10. Raja Nagajayawarman

Nagajayawarman memimpin Kerajaan Tarumanegara mulai tahun 640 Masehi hingga tahun 666 Masehi. Beliau merupakan menantu dari raja sebelumnya, yaitu Raja Hariwangsawarman.

11. Raja Linggawarman

Kerajaan Tarumanegara berada di bawah kepemimpinan Raja Linggawarman pada tahun 666 Masehi sampai tahun 669 Masehi. Kekuasaannya berakhir seiring dengan berakhirnya usia beliau.

12. Raja Kertawarman

Raja Kertawarman merupakan raja terakhir di Kerajaan Tarumanegara. Beliau memerintah sejak tahun 561 Masehi hingga tahun 628 Masehi.

Itulah Raja Kerajaan Tarumanegara yang pernah berkuasa dan memerintah kerajaan. Setiap kepemimpinan selalu membawa nasib yang berbeda-beda bagi kelangsungan kerajaan, baik mengalami kemajuan ataupun kemunduran.

Raja Kerajaan Tarumanegara – Budaya jawa

Tinggalkan komentar