Beberapa Manfaat Penggunaan PLTP di Indonesia

Manfaat Penggunaan PLTP di Indonesia

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Indonesia memiliki sumber energi panas bumi yang dapat di manfaatkan oleh negara. Maka dari itu BPPT berencana untuk mengembangkan dan memanfaatkan energi panas bumi sebagai alternatif pembangkit listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Di Indonesia yang memanfaatkan energi panas bumi sebagai sumber tenaga mereka memiliki banyak sekali manfaat dan kelebihan apabila di bandingkan dengan energi fosil atau energi terbarukan yang lainnya. Lalu kira-kira apa saja manfaat penggunaan PLTP di Indonesia di bandingkan dengan penggunaan energi lainnya?

1. Potensi Yang Besar di Indonesia

Potensi energi panas bumi yang ada di Indonesia sebesar 23,9 GW sedangkan kapasitas yang terpasang baru sekitar 2,1 GW. Dengan kata lain masih tersisa sekitar 21,8 GW energi panas bumi di Indonesia yang bisa di kelola dan di manfaatkan. Apabila potensi energi tersebut dapat di kelola dengan baik, secara langsung dapat mewujudkan kemandirian energi di daerah setempat karena itu adalah energi yang hanya bisa di kelola oleh dan untuk Indonesia saja mengingat energi panas bumi tidak dapat di distribusikan atau di ekspor ke negara lain.

2. lebih handal dibandingkan energi fosil

Ada beberapa kelebihan menggunakan energi panas bumi dibandingkan dengan penggunaan energi fosil di antaranya adalah: Masa Operasi PLTP dapat mencapai lebih dari 30 tahun, sedangkan untuk pengembangan infrastruktur energi yang berkelanjutan (Fosil fuel dapat habis). Selain itu menggunakan energi panas bumi tidak membutuhkan bahan bakar dan tidak ada eskalasi biaya bahan bakar yang membuat PLTP memiliki harga lebih stabil di masa depan.

3. Lebih ramah lingkungan

Ramah lingkungan bukan berarti tidak ada pencemaran sama sekali, akan tetapi penggunaan energi panas bumi memiliki dampak potensi pencemaran yang minimal apabila di bandingkan energi lainnya. Emisi CO2 hanya berkisar di angka 75 gram/kWh (referensi lapangan Indonesia), angka ini jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan emisi yang dihasilkan oleh gas alam, minyak bumi, diesel maupun batubara. Selain itu menggunakan energi panas bumi juga tidak merusak kondisi bentang awal seperti pada kegiatan pertambangan. Dengan potensi pencemaran yang sangat mini ini pun dapat menjaga keanekaragaman hayati

Itu adalah 3 manfaat dari penggunaan dan pengelolaan energi panas bumi di Indonesia. Saat ini PLTP sudah mulai bermunculan dengan kata lain mereka juga membutuhkan sumber daya manusia yang lebih. Bekerja di PLTP di bilang cukup menjanjikan mengingat dibutuhkannya keahlian khusus seperti mengoperasikan conductivity meter, dan alat lainnya yang berkaitan dengan geothermal. Selain kamu mendapatkan gaji yang menarik, fasilitas yang memadai, dan seperti pegawai di perusahaan lainnya kamu juga akan memakai tali name tag pada saat mengerjakan proyek tertentu.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Manfaat Penggunaan PLTP di Indonesia "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel