Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Songkok Lukis Unik Khas Pesantren Qomaruddin Gresik OPOP Jatim

Songkok Lukis Unik Khas Pesantren Qomaruddin Gresik OOP Jatim Summary

Pesantren Qomaruddin Gresik telah menjadi anggota One Pesantren One Product (OPOP) dan berhasil meluncurkan produk inovatif berupa songkok lukis. Jika umumnya songkok berwarna hitam polos, para santri dari Pesantren Qomaruddin Gresik memberi sentuhan berbeda dengan aksen lukisan di sekelilingnya. 

Tak ayal usaha yang telah berjalan selama kurang lebih tujuh tahun ini menjadi sumber penghasilan yang potensial. Omsetnya bahkan mencapai nominal puluhan juta rupiah dan makin meningkat di kala memasuki Bulan Ramadhan hingga momen jelang lebaran. 

Produk unggulan dari pesantren anggota OPOP yang berlokasi di Desa Sampurnan ini amat diminati masyarakat. Selain karena aksen lukis yang unik dan menjadi ciri khas tersendiri, bentuknya pun beragam sesuai selera juga kebutuhan. Ada empat pilihan jenis songkok yang bisa Anda dapatkan, diantaranya yaitu songkok polos, AC, Full AC dan juga Ceng Hoo.

Maksud dari jenis songkok AC dan Full AC adalah adanya jaring yang berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara pada sebagian atau keseluruhan bagian atas songkok. Hal ini dimaksudkan agar si pemakai tidak kegerahan, lebih nyaman dan menghindari songkok bau oleh keringat. 

Proses pembuatan songkok lukis ini jelas lebih rumit dibandingkan dengan songkok biasa. Sebab memerlukan ketelitian juga ketelatenan. Untuk lama pengerjaan berbeda-beda tergantung dengan tingkat kesulitan motif yang akan diaplikasikan. Namun untuk mengerjakan 1 kodi songkok dengan motif serupa, biasanya dapat diselesaikan dalam satu hari saja.

Untuk mengembangkan usaha tersebut, pihak pesantren memasarkan produknya hingga pasar nasional. Anda sudah bisa menemukan songkok lukis produksi Pesantren Qomaruddin Gresik ini di berbagai kota juga provinsi di luar Pulau Jawa. Sebut saja seperti Batu Raja, Sumatra Barat dan Sumatra Selatan. 

Produk unik yang menjadi ciri khas Pesantren Qomaruddin ini dipasarkan secara online dan juga offline. Untuk pemasaran secara online memanfaatkan marketplace yang ada. Produk songkok lukis ini juga di pasarkan di OPOP Mart dan juga marketplace dari One Pesantren One Product Jatim.

Posting Komentar untuk "Songkok Lukis Unik Khas Pesantren Qomaruddin Gresik OPOP Jatim"