Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Asal Pilih! Ini 5 Tips Memilih Kacamata Progresif


Saat mata Anda mengalami gangguan penglihatan jarak dekat dan jauh secara bersamaan, biasanya karena faktor usia, mungkin inilah saatnya Anda membutuhkan kacamata progresif. 

Agar tidak salah dalam memilih lensa kacamata, sebaiknya Anda memahami cara memilih kacamata yang baik. Namun sebelum mempelajarinya, tidak ada salahnya Anda tahu terlebih dahulu pengertian kacamata progresif.

Apa itu kacamata progresif?

Kacamata progresif adalah kacamata yang biasanya diresepkan pada mata yang mengalami gangguan penglihatan pada objek dekat. Lensa progresif memberikan peningkatan kekuatan yang tak terlihat pada lensa jarak dekat, menengah, dan jauh. 

Sehingga Anda tidak perlu mengganti-ganti kacamata standar saat melihat dekat dan jauh. Selain itu, kacamata progresif terlihat seperti kacamata biasa, karena tidak terdapat batas antara lensa plus, biasa atau minus.

Bagaimana tips memilih kacamata progresif?

Jangan dulu membeli kacamata progresif hanya karena dugaan bahwa Anda merasa perlu memakainya. Simak tips berikut sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kunjungi dokter spesialis mata

Jangan lupa kunjungi dokter terlebih dahulu sebelum menentukan apakah Anda harus memakai kacamata atau tidak.

Sampaikan keluhan

Konsultasikan permasalahan gangguan pada mata Anda kepada dokter mata. Selanjutnya dokter mata akan menentukan lensa yang mana yang cocok.

Jalani pemeriksaan mata

Setelah konsultasi, berikutnya Anda akan diminta melalui tes pemeriksaan. Ini menentukan seberapa jauh gangguan pada mata Anda.

Gunakan dan coba

Sebelum memutuskan membeli, pastikan Anda mencoba kacamatanya terlebih dahulu. Setiap orang mungkin memiliki tahap adaptasi tersendiri. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan keluhan setelah memakai kacamata tersebut pada dokter mata. 

Pilih bingkai yang Anda suka dan cocok

Setelah semua pemeriksaan selesai, sekarang saatnya Anda memilih bingkai kacamata yang Anda suka. Jangan hanya menilai berdasarkan model, tapi pilih juga berdasarkan kenyamanan Anda ketika memakainya. Yang paling penting, sesuaikan dengan budget Anda, mengingat harga lensa kacamata progresif lebih mahal dibandingkan yang lainnya. 

Kacamata progresif cocok untuk Anda yang mengalami gangguan penglihatan dekat dan jauh, namun ingin tetap terlihat menarik dari segi penampilan. Sebelum memilih jenis lensa ini, pastikan Anda telah mengunjungi dokter mata, menyampaikan keluhan terkait gangguan mata, menjalani pemeriksaan mata, dan memilih bingkai yang tepat untuk Anda. 

Posting Komentar untuk "Jangan Asal Pilih! Ini 5 Tips Memilih Kacamata Progresif"