Negara merupakan wilayah yang memiliki kekuasaan mulai dari bidang ekonomi, politik, militer, sosial dan budaya yang di set up oleh pemerintah. Untuk mencapai kemajuan, setiap negara memiliki beberapa sistem atau aturan yang harus dilaksanakan semua individu atau kelompok masyarakat yang berada di wilayah tersebut. Hal tersebut sesuai dengan pengertian negara yang diungkapkan para ahli, salah satunya yaitu pengertian negara menurut Hans Kelsen.

Bukan hanya itu, setiap negara tentunya memiliki fungsinya tersendiri. Mungkin kamu juga bertanya-tanya kan apa saja fungsi negara? Yang pasti fungsi setiap negara berkaitan dengan masyarakatnya.

Fungsi Negara

Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini merupakan teori fungsi negara di antaranya yaitu:

1. Fungsi Pertahanan dan Keamanan

Setiap negara tentunya memiliki kewajiban untuk melindungi 3 unsur negara, yaitu wilayah, rakyat serta pemerintahan. Serta melindungi negara dari segala hambatan, gangguan, ancaman bahkan tantangan yang datang dari dalam maupun luar negeri. Contoh fungsi negara ini yaitu, tentara negara indonesia (TNI) yang bertugas untuk menjaga perbatasan negara.

2. Fungsi Keadilan

Setiap negara memiliki kewajiban untuk bersikap adil di mata hukum dengan tidak mempedulikan suatu kepentingan tertentu dan tidak ada diskriminasi atau sikap membeda-bedakan. Misalnya ketika terdapat seseorang yang melakukan tindakan kriminal, orang tersebut patut dihukum tanpa mempedulikan jabatan maupun kedudukan.

3. Fungsi Pengaturan dan Keadilan

Setiap negara memiliki peraturan atau undang-undang atas landasan yang kuat yang wajib dilaksanakan oleh setiap individu untuk membentuk suatu tatanan kehidupan masyarakat yang berbangsa dan bernegara.

4  Fungsi Kesejahteraan dan Kemakmuran

Untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran pada setiap negara, negara tersebut harus mampu mengeksplor atau mengolah sumber daya alam yang dimiliki dengan sebaik mungkin.

Pengertian Negara Menurut Hans Kelsen

Hans Kelsen menyampaikan gagasannya mengenai pengertian negara, di mana negara merupakan suatu susunan kehidupan bersama atau suatu hal yang terpaksa.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa susunan kehidupan merupakan sekelompok manusia yang hidup bersama maupun dilakukan terpaksa. Dimana salah satu unsur negara adanya penduduk dalam wilayah tersebut baik individu dan individu atau kelompok masyarakat yang tinggal bersama.

Itulah penjelasan mengenai fungsi negara beserta pengertian negara menurut Hans Kelsen. Semoga bermanfaat bagi pembaca ya.

Originally posted 2020-09-25 15:50:17.