Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Vaksin Covid yang Ditetapkan Oleh Pemerintah

Jenis Vaksin Covid yang Ditetapkan Oleh Pemerintah

Vaksin covid dianggap sebagai salah satu solusi yang dapat menyelesaikan pandemi covid 19. Setelah selama setahun lebih pandemi menghantui dunia, kini pemerintah sudah memiliki vaksin yang akan didistribusikan ke seluruh masyarakat.

Masih ada banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang asal-usul vaksin serta jenis vaksin yang akan diberikan. Berdasarkan dari informasi yang beredar terdapat sekitar 6 jenis vaksin yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

6 Jenis Vaksin Covid

Sebenarnya ada begitu banyak jenis vaksin corona yang saat ini sudah diproduksi oleh dunia. Negara-negara maju telah berusaha untuk menciptakan vaksin yang efektif bagi masyarakatnya. Indonesia berkesempatan untuk menggunakan vaksin buatan dari negara-negara luar antara lain dari Tiongkok, Amerika dan negara-negara maju lainnya.

Berikut ini adalah 6 jenis vaksin covid yang sudah ditetapkan oleh pemerintah bagi masyarakat Indonesia.

1. Vaksin Pfizer

Vaksin yang satu ini berasal dari California Amerika serikat. Butuh proses yang lama untuk bisa menghasilkan vaksin yang efektif untuk mengatasi pandemi. Setelah melakukan riset yang panjang dan juga uji klinis, pemerintah Amerika serikat ini sudah memiliki vaksin sendiri.

Vaksin tersebut bahkan sudah mendapatkan otorisasi dari beberapa negara seperti Singapura, Inggris, Amerika serikat dan bahkan Meksiko.

2. AstraZeneca

Jenis vaksin berikutnya yaitu AstraZeneca yang berasal dari London. Vaksin ini dibuat atas kerjasama dari astrazeneca dan juga universitas Oxford. Vaksin ini diklaim memiliki efektivitas yang tinggi bahkan mencapai 70%. Vaksin yang satu ini juga sudah menjadi salah satu vaksin yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

3. Vaksin Moderna

Perancis juga sudah memiliki vaksin sendiri yaitu bernama Moderna. Vaksin ini dibuat di Paris dan telah melalui banyak uji klinis. Bahkan vaksin buatan dari moderna ini juga akan segera melalui uji BPOM Amerika. Telah diprediksikan jika vaksin ini akan lolos BPOM dan siap untuk didistribusikan.

4. Vaksin Sinopharm

Vaksin covid berikutnya adalah sinopharm yang berasal dari Uni Emirate Arab. Vaksin yang satu ini diklaim halal dan juga memiliki efektivitas tinggi. Pemerintah Arab kini sudah mempersiapkan vaksin dan akan segera diberikan kepada rakyat di wilayah tersebut.

5. Vaksin Sinovac

Indonesia kini sudah mengimpor sekitar lebih dari 300 juta dosis vaksin sinovac dari Tiongkok. Vaksin ini akan digunakan oleh jutaan masyarakat Indonesia. Bahkan saat ini pemerintah sudah mempersiapkan pendistribusian vaksin ke seluruh rakyat. Pemerintah mengatakan jika vaksin ini akan diberikan secara gratis akan tetapi syaratnya adalah harus terdaftar sebagai pemegang kartu BPJS.

6. Vaksin Bio Farma

Indonesia sebenarnya juga memiliki vaksin sendiri yaitu bio farma yang diproduksi di Bandung, Jawa barat oleh Bio farma. Vaksin yang diproduksi sudah cukup banyak dan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan vaksinasi masyarakat.

Dari beberapa pilihan vaksin yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terkadang ada perasaan bingung mengenai kira-kira jenis vaksin mana yang paling bagus. Anda tentu kesulitan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap vaksin yang ada.

Apabila membutuhkan informasi yang lebih lengkap dan jelas mengenai corona serta vaksin covid 19, Anda bisa mengunduh aplikasi halodoc. Melalui aplikasi ini anda bisa terhubung dengan dokter spesialis tanpa harus keluar rumah. Di aplikasi ini juga terdapat banyak fitur menarik yang memudahkan Anda untuk memantau kesehatan dan mendapatkan informasi seputar kesehatan.

Demikian informasi tentang enam jenis vaksin covid yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Semoga informasi ini menambah pengetahuan serta bisa menjadi referensi bermanfaat bagi Anda.


Jenis Vaksin Covid yang Ditetapkan Oleh Pemerintah - Budaya jawa

Posting Komentar untuk "6 Jenis Vaksin Covid yang Ditetapkan Oleh Pemerintah"