Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

Hidung tersumbat

Masalah kesehatan seperti hidung tersumbat memang sepertinya merupakan masalah sederhana. Akan tetapi jika hidung tersumbat dibiarkan, seseorang bisa saja merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya sebaiknya Anda ketahui untuk berjaga-jaga jika Anda atau keluarga Anda ada yang merasakan gangguan ini. Namun sebelumnya, Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja yang dapat menyebabkan hidung tersumbat.

Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

Menurut info kesehatan terlengkap di Indonesia dari scotsfind.org, Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Umumnya, hidung tersumbat disebabkan karena seseorang memahami masalah kesehatan. Namun orang yang sehat juga bisa saja mengalami hidung tersumbat, misalnya saja karena udara yang terlalu dingin.

Hidung yang mampet sangat mengganggu karena menyebabkan proses bernafas menjadi lebih sulit. Anda perlu untuk mengenali apa saja yang menjadi penyebab hidung tersumbat. Dengan mengenali penyebabnya maka Anda akan lebih mudah untuk mencari solusi.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya hidung tersumbat. Langsung saja ini dia beberapa penyebab yang mungkin saja terjadi:

1. Batuk pilek

Salah satu penyebab yang sering kali dapat menyebabkan seseorang mengalami hidung tersumbat adalah karena gejala batuk pilek. Penyakit ini memang merupakan penyakit ringan namun gejalanya cukup mengganggu aktivitas.

Penyakit batuk pilek bisa saja terjadi karena mengkonsumsi makanan kurang sehat atau bahkan karena iklim yang tidak teratur. Virus penyebab batuk pilek juga sangat mudah menular. Benda asing yang masuk ke saluran pernapasan dapat menyebabkan peradangan dan infeksi sehingga terjadilah penyumbatan pada hidung.

2. Septum Nasal Bengkok

Penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya berikutnya yaitu karena adanya septum nasal yang miring atau bengkok. Dinding pembatas antara rongga hidung kanan dan kiri apabila mengalami pergeseran memang bisa menyebabkan hidung tersumbat. Ketika septum nasal miring atau tidak sejajar maka aliran udara yang masuk menjadi tidak lancar. Hal ini bisa saja merupakan penyebab yang normal akan tetapi jika berlangsung lama, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

3. Flu

Penyebab lain yang juga bisa membuat seseorang mengalami hidung tersumbat adalah penyakit flu atau influenza. Penyakit ini bisa disebabkan virus. Virus yang berkembang di saluran pernapasan dapat membuat seseorang mengalami gejala flu seperti bersin-bersin hingga hidung tersumbat.

Flu memang bukan penyakit yang yang berbahaya, namun penyakit ini sangat mengganggu aktivitas. Hidung tersumbat membuat udara yang masuk menjadi tidak lancar sehingga tubuh menjadi tidak berstamina.

4. Sinusitis Akut

Penyakit batuk dan pilek bisa saja berubah menjadi penyakit yang lebih berat seperti sinusitis. Penyakit ini bisa menyebabkan peradangan pada area hidung sehingga rongga menjadi sempit. Sinusitis identik dengan lendir yang banyak dan hal inilah yang membuat pernapasan menjadi terganggu.

Anda sebaiknya tidak membiarkan penyakit ini semakin lama menyerang tubuh. Diperlukan penanganan yang tepat agar masalah hidung tersumbat akibat sinusitis akut dapat teratasi.

5. Alergi

Banyak dari orang-orang yang memiliki masalah alergi. Jika Anda juga termasuk orang yang sering mengalami masalah alergi pada pernapasan maka bisa saja mengalami hidung tersumbat. Untuk mengatasi penyakit ini maka sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan alergi.

6. Polip Hidung

Polip hidung juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan hidung tersumbat. Ukuran polip yang masih kecil mungkin saja tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun ketika ukuran polip semakin besar, polip bisa menutupi rongga hidung sehingga seseorang mengalami hidung tersumbat.

Cara untuk mengatasi hidung tersumbat akibat politik tentu saja berbeda dengan cara mengatasi hidung tersumbat karena flu. Oleh karena itu penting sekali untuk memahami apa yang menjadi penyebab hidung tersumbat. Selanjutnya akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari obat yang paling tepat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Setelah mengetahui tentang penyebabnya, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat sebab jika dibiarkan berlarut-larut akan menimbulkan komplikasi seperti sakit kepala atau vertigo. Nah, dengan mengetahui penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya maka Anda bisa segera sembuh dari masalah kesehatan tersebut.

1. Minum Air Hangat

Cara pertama yang dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah mengkonsumsi minuman hangat. Sangat dianjurkan bagi seorang yang sedang mengalami flu untuk banyak minum air putih hangat. Selain itu bisa juga mengkonsumsi minuman sehat yang hangat lainnya seperti jahe mint hangat, teh mint hangat dan yang lainnya. 

Minuman sehat yang hangat bisa membantu untuk mengurangi gejala hidung tersumbat. Kandungan pada jahe atau rempah-rempah lainnya juga sangat baik untuk melegakan pernafasan.

2. Uap Air Hangat dan Minyak Kayu Putih

Ada juga bisa menggunakan uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih. Caranya yaitu dengan menyiapkan air panas di baskom lalu beri beberapa tetes minyak kayu putih. Selanjutnya anda bisa menutup baskom dengan handuk dan kemudian menghirup uap air yang keluar.

Cara ini terbukti efektif untuk membantu meredakan hidung yang tersumbat. Lendir yang menggumpal dapat dicairkan dengan uap hangat yang masuk melalui hidung. Meskipun demikian Anda harus tetap berhati-hati jangan sampai terlalu dekat dengan air panas.

3. Mengoleskan Minyak Kayu Putih 

Hidung yang tersumbat karena flu bisa dihangatkan dengan menggunakan minyak kayu putih. Penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya memang harus disesuaikan. Jika penyebabnya merupakan penyakit ringan seperti flu tentu cara mengatasinya tidak harus menggunakan cara-cara yang sulit.

Minyak kayu putih dapat menghangatkan tubuh jika dioleskan pada area-area yang diinginkan. Untuk hidung tersumbat, Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih di bagian leher, punggung, perut samping kepala hingga mengoleskannya di batang hidung. Saat mengoleskan di area wajah seperti hidung sebaiknya jangan berlebihan. Hal ini untuk menghindari rasa terbakar pada area tersebut.

4. Makan Sup atau Makanan Pedas

Penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya berikutnya yaitu dengan makan makanan yang hangat seperti sup atau makanan yang pedas. Makanan yang hangat dengan bumbu merica yang kuat dapat membantu menghangatkan badan sehingga hidung tersumbat dapat diatasi.

Selain itu, Anda juga bisa makan makanan pedas. Ketika makan makanan pedas, tubuh biasanya akan mengeluarkan keringat. Cara ini juga secara otomatis dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung. Ingus yang keluar saat makan makanan pedas membuat hidung menjadi lebih lega.

5. Kompres Air Hangat

Penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya berikutnya yaitu dengan melakukan kompres air hangat. Jika biasanya kompres dilakukan dengan menggunakan air dingin, untuk kasus ini Anda bisa menggunakan air hangat. Tempelkan handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat pada area hidung. Cara ini efektif untuk mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya memang sebaiknya diketahui. Cara mengatasi hidung tersumbat yang disebutkan di atas merupakan sumbat yang disebutkan juga merupakan cara-cara yang paling mudah dilakukan. Apabila ternyata penyebab hidung tersumbat adalah karena penyakit-penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan cara yang mudah, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap seputar kesehatan maka Anda bisa membuka website https://scotsfind.org. Dari website ini Anda akan menemukan beragam informasi menarik salah satunya adalah info tentang penyebab hidung tersumbat dan cara mengatasinya. Selain itu masih ada banyak informasi menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan terutama informasi tentang kesehatan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya"