4 Kiat Sukses Agar Bisnis Kerajinan Keramik Buatan Tangan Makin Jaya

Bisnis kerajinan keramik mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis ini, manfaatkan kredit tanpa agunan (KTA) dari bank yang terpercaya untuk kembangkan bisnis keramik buatan tangan.

Salah satu faktor yang menyebabkan berkembangnya industri kerajinan keramik buatan tangan di Indonesia adalah ketersediaan bahan baku yang melimpah. Selain itu, peminatnya pun banyak, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Kepopuleran seni kerajinan keramik ditandai dengan banyaknya seniman keramik yang terkenal, sebut saja jenama Ayu Larasati Ceramics, Jinjit Pottery, Nabila Ardhani Studio, Naruna Ceramics, Siji Lifestyle, dan masih banyak yang lainnya.

Contoh Hasil Kerajinan Keramik Buatan Tangan

Keramik buatan tangan terbagi menjadi dua jenis, yaitu keramik tradisional dan keramik halus. keramik tradisional terbuat dari kuarsa, kaolin dan lainnya. sementara itu, keramik halus adalah jenis keramik yang terbuat dari bahan oksidasi logam, seperti MgO, ZrO2, dan AI203. Ada banyak sekali hasil kerajinan keramik buatan tangan, seperti contohnya:

  • Kerajinan Keramik Vas Bunga

Vas bunga adalah hasil kerajinan keramik buatan tangan yang banyak peminatnya. Vas bunga sebenarnya ada yang terbuat dari plastik dan kaca, tapi vas bunga yang terbuat dari bahan keramik memiliki pesona tersendiri. Selain itu, nilai jualnya pun lebih tinggi.

  • Piring Hias

Piring hias keramik sering dijadikan sebagai benda dekoratif di rumah atau di kantor. Ada banyak bentuk dan desain piring hias keramik, tapi yang pasti produk kerajinan keramik ini banyak diburu oleh kolektor pecinta seni keramik.

  • Gelas Hias

Selain piring keramik, gelas keramik juga sering dijadikan sebagai hiasan. Gelas hias tidak disimpan sembarangan. Benda-benda ini kerap disimpan dengan baik di lemari untuk mempercantik ruangan. Selain itu, gelas hias juga cocok dijadikan sebagai hadiah lho.

  • Jam Keramik Hias

Jam keramik seperti ini bukan hanya berfungsi sebagai penanda waktu, tapi juga sebagai hiasan ruangan. Pasalnya desain jam keramik memang memiliki desain yang cantik. Jam keramik banyak terdapat di toko-toko home d├ęcor dan toko aksesoris.

Tips Agar Bisnis Kerajinan Keramik Semakin Sukses

 

Layaknya semua bisnis, bisnis kerajinan keramik buatan tangan pun memerlukan strategi khusus untuk berkembang. Strategi bisnis pun diperlukan untuk meningkatkan penjualan dan membuat brand semakin dikenal masyarakat. Berikut ini tips agar bisnis kerajinan keramik buatan tangan makin sukses:

  • Tentukan Target Market

Seniman keramik pasti mempunyai idealisme tinggi dalam membuat produknya. Mempunyai idealisme memang bagus, tapi ada kalanya idealisme ini menjebak mereka sehingga mengabaikan selera pasar.

Dalam berbisnis, penting sekali untuk menentukan target pasar agar bisa memenuhi permintaan pasar. Target pasar ditentukan sebelum kamu memulai proses produksi. Di samping menentukan target pasar, perhatikan pula selera konsumen sebab dan gaya hidup. Sebab, gaya hidup mempengaruhi selera konsumen dalam membeli.

  • Membuat Produk Kerajinan yang Unik

Keunikan sebuah produk menjadi pembeda produkmu dengan produk kompetitor. Selain itu pula, produk yang unik memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya lebih menarik. Maka tidak heran jika produk yang unik dihargai lebih mahal karena keistimewaannya.

Ciptakan produk yang unik dan inovasi baru untuk produk kerajinan keramik buatanmu. Hal ini akan membuat kamu bisa bertahan dalam bisnis bahkan semakin berkembang. Kamu pun bisa tambahkan sentuhan senimu terhadap produk-produk keramikmu.

  • Melakukan Promosi Sesuai Target Market

Ada keuntungan lain dari menentukan target pasar, yaitu dapat menemukan strategi promosi yang tepat dengan profil target pasar. Buat konsep marketing yang menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman. Agar konsep promosi yang tepat dan efektif, kamu bisa lakukan hal berikut ini:

    • Cari referensi yang relevan dengan target pasar bisnismu.
    • Analisa perilaku kompetitor dan terapkan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
    • Buat tema promosi yang kreatif dan menarik
  • Ikut pameran dan Bazar

Bisnis kerajinan keramik tidak akan berkembang pesat jika tidak diperkenalkan kepada publik. Semakin banyak mengenal bisnismu, semakin besar peluang untuk terjadinya transaksi penjualan.

Kamu bisa ikuti pameran dan bazar kerajinan tangan untuk menunjukkan bahwa identitasmu sebagai pengusaha keramik buatan tangan yang punya produk berkualitas. Selain itu, berpartisipasi dalam kegiatan ini pun dapat memperluas jaringan bisnis kamu sehingga bisa menambah relasi dengan pebisnis kerajinan lainnya.

digibank KTA: Solusi tepat untuk Tingkatkan Bisnis Kerajinan Keramik

Ingin meningkatkan bisnis kerajinan keramik buatan tangan tapi terhambat anggaran? Manfaat kemudahan pengajuan kredit dari digibank KTA yang memberikan kredit tanpa agunan untuk menyelesaikan kebutuhan dan keinginan kamu. Ada banyak keunggulan dari digibank KTA yang bisa kamu manfaatkan, seperti:

  • Pengajuan kredit bisa dilakukan 24 jam penuh melalui Aplikasi digibank by DBS.
  • Proses persetujuan cepat, hanya butuh 60 detik.
  • Limit tinggi mencapai Rp200 juta.
  • Dana kredit bisa diatur sesuai kemauanmu.
  • Angsuran panjang mencapai 36 bulan.
  • Tanpa dokumen fisik.
  • Persyaratan mudah. Hanya butuh e-KTP dan NPWP, berdomisili di wilayah cakupan digibank DBS, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang serta memiliki penghasilan per bulan minimum Rp5 juta.

Itu dia informasi mengenai bisnis kerajinan keramik buatan tangan dan cara agar bisnisnya semakin berkembang. Bagi kamu yang terkendala biaya, segera pelajari prosedur pengajuan kredit tanpa agunan digibank KTA. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengakses informasinya pada tautan berikut ini.

Tinggalkan komentar