Setiap orang tentu memiliki pemahaman tersendiri mengenai negara, termasuk pengertian negara menurut Aristoteles. Di mana Aristoteles merupakan salah satu dari beberapa ahli yang memberikan pendapat mengenai arti negara itu sendiri.

Jika dilihat berdasarkan kedaulatannya, tentunya jumlah negara di dunia ini sangatlah banyak bahkan ada beberapa yang mungkin belum diketahui. Sekiranya terdapat 206 negara dan 193 yang sudah diakui bentuk kedaulatannya masuk ke dalam anggota persatuan bangsa-bangsa atau PBB. Lalu apa pengertian negara dan apa saja sifat negara?

Pengertian Negara Menurut Aristoteles

Pengertian negara menurut Aristoteles yaitu, negara merupakan perpaduan dari beberapa keluarga yang mencakup pada desa hingga akhirnya berdiri sendiri, dengan beberapa tujuan kesenangan dan kehormatan bersama sama. Baca juga: Pengertian Negara Menurut Hans Kelsen

Berdasarkan pendapat dari Aristoteles tersebut, dapat disimpulkan bahwa negara merupakan sekelompok orang, yang bisa dimulai dari keluarga, lalu mencakup ruang desa hingga akhirnya menjadi luas dan bisa berdiri sendiri.

Sifat Negara

Pada dasarnya negara memiliki beberapa sifat yang berhubungan dengan pengertian negara itu sendiri. Karena berdasarkan sifat-sifat negara ini lah para ahli dapat menyimpulkan atau menemukan pengertiannya. Adapun beberapa sifat negara yang tidak bisa diubah kedaulatan negara, di antaranya yaitu:

1. Sifat Memaksa

Sifat negara memaksa dapat dilihat, dimana suatu negara secara tidak langsung telah memberikan kewajiban terhadap masyarakatnya untuk taat terhadap tata tertib dan segala peraturan yang telah dibuat oleh negara itu sendiri. Meskipun begitu, sifat memaksa yang satu ini memiliki tujuan untuk menciptakan suasana dan keadaan damai dalam negara. Tata tertib dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah mampu mengendalikan negara tersebut.

2. Sifat Monopoli

Sifat monopoli yang ada dalam suatu negara memiliki tujuan agar keberlangsungan dalam bernegara terwujud. Setiap negara yang kedaulatannya diakui oleh negara lain tentu memiliki sifat monopoli terhadap masyarakat.

3. Sifat Totalitas

Yang dimaksud dengan sifat totalitas yaitu negara menciptakan suatu cakupan yang menyeluruh sesuai dengan kebijakan yang diberi pemerintah. Diprioritaskan untuk masyarakatnya saja dengan tujuan mengaktualisasikan kehidupan berbangsa

Itulah beberapa penjelasan mengenai negara, mulai dari pengertian negara menurut Aristoteles, hingga tiga sifat negara. Semoga artikel singkat ini memberikan manfaat.

Originally posted 2020-09-25 05:49:56.