Close

Rahasia Weton Sabtu Pahing: Watak, Karir, Jodoh, dan Rezeki

Istilah weton sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia terkhususnya di Pulau Jawa. Hal ini karena weton sering digunakan untuk memprediksi kondisi seseorang mulai dari watak, perjalanan karir, sampai pada hubungan asmara.

Dalam kitab Primbon Jawa sendiri ada banyak sekali weton dan salah satunya adalah Sabtu Pahing. Weton tersebut memiliki neptu yang bisa dikatakan sangat besar yaitu 18.

Watak

Kita akan membahas sedikit mengenai Sabtu Pahing menurut kitab Primbon Jawa dimulai dari wataknya. Dimana menurut para leluhur orang yang lahir di weton tersebut mempunyai watak layaknya Lakuning Geni atau dapat diartikan sangat berapi-api. Pasalnya mereka terkenal mudah marah, maunya menang sendiri, ambisius, mudah diadu domba, dan tidak berpendirian.

Dari semua watak tersebut membuat kita dapat menarik kesimpulan bahwa orang-orang tersebut akan sangat mudah marah ketika diusik (layaknya api). Namun, dibalik sifatnya yang sangat kasar tersebut mereka juga memiliki watak mudah bergaul dengan orang lain dan sangat luwes, maka dari itu tidak heran jika weton ini umumnya memiliki banyak sekali teman.

Meskipun memiliki banyak sekali teman Sabtu Pahing juga dikenal memiliki banyak musuh karena watak kerasnya. Akan tetapi jika ada salah satu musuhnya yang meminta maaf maka orang tersebut akan langsung dimaafkan, karena weton dengan neptu 18 ini memiliki jiwa pemaaf yang sangat tinggi. Bahkan mereka juga tidak akan menyimpan dendam jika masalah tersebut sudah diselesaikan.

Tidak hanya itu, semua masalah yang sudah diselesaikan ini tidak akan pernah diungkit-ungkit karena mereka sangat berbelas kasih. Dari watak belas kasih ini membuat weton tersebut menjadi sangat dermawan terhadap sesama dan mereka akan selalu membalas budi kepada siapapun yang sudah membantu mereka.

Karir

Dalam Primbon Jawa dituliskan bahwa Sabtu Pahing memiliki neptu 18 dengan Sabtu 9 dan Pahing 9, hal ini membuat mereka sangat dikenal sebagai orang yang mudah emosian. Maka dari itu orang-orang tersebut tidak akan cocok jika bekerja di bawah perintah orang lain, karena mereka merupakan tipe pemimpin sejak lahir.

Oleh karena itu para leluhur Jawa lebih menyarankan agar orang-orang yang lahir di weton ini bekerja sendiri atau wirausaha. Sejumlah pekerjaan yang akan cocok dengan mereka adalah pedagang dan pengusaha.

Cinta

Beralih ke urusan cinta baik itu pacaran atau berumah tangga, Sabtu Pahing akan dikatakan serasi jika mendapatkan pujaan hati yang memiliki weton dengan jumlah neptu antara 11 atau 16. Contohnya ada Sabtu Pon, Senin Pon, Jumat Legi, Selasa Kliwon, Kamis Kliwon, Rabu Pahing, dan Rabu Wage.

Meskipun begitu weton ini juga sangat identik dengan Playboy atau Playgirl. Hal ini dapat terjadi karena mereka sangat mudah menarik perhatian lawan jenis, sampai-sampai banyak yang langsung jatuh cinta kepada mereka begitu pertama kali melihatnya.

Rezeki

Ketika orang-orang yang lahir di weton ini mulai mengerjakan sesuatu mereka sangat bersemangat dan berambisi. Sabtu Pahing juga sangat tidak mudah puas terhadap apa yang sudah diperoleh sehingga membuat kehidupan mereka menjadi sangat berkecukupan. Hal ini juga sudah diramalkan dalam kitab Primbon Jawa kuno karena neptu dari weton tersebut sangatlah besar.

Saking besarnya rezeki yang diperoleh membuat weton ini dianggap sebagai pembawa rezeki bagi keluarga terkhususnya untuk orang tua. Rezeki orang tua juga akan mengalami peningkatan apabila jumlah neptu mereka jauh lebih kecil dari sang anak.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Weton atau konten menarik lain di Budaya Jawa:

Tinggalkan komentar