Rahasia Weton Jumat Kliwon: Watak, Karir, Jodoh, dan Rezeki

Istilah Jumat Kliwon pasti sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Dimana istilah ini sangat melekat dengan sesuatu yang berbau mistis atau horor.

Namun, sebenarnya Jumat Kliwon tidak selamanya tentang hal mistis karena istilah tersebut juga merupakan weton atau tanggal lahir seseorang. Dalam kitab Primbon Jawa kuno weton ini memiliki jumlah neptu yang bisa dikatakan besar yaitu 14.

Watak

Jumat Kliwon menurut kitab Primbon Jawa kuno dikatakan seperti Lakuning Rembulan. Artinya orang-orang tersebut memiliki hati yang baik dan dapat menjadi penenang untuk orang lain layaknya rembulan di malam hari. Aura positif juga akan sangat tergambarkan jelas dari mereka yang lahir di weton dengan jumlah neptu 14 dari Jumat 6 dan Kliwon 8 ini.

Orang-orang ini juga memiliki sifat plin-plan atau sangat tidak berpendirian, namun mereka juga dianugerahi kemampuan berbicara yang baik, suka menolong, pandai bergaul, dan sangat menepati janji. Karena semua sifat tersebut membuat orang-orang yang lahir di weton ini akan sangat mudah mendapatkan teman, bahkan teman-teman tersebut sangat loyal kepada mereka.

Kemampuan otak dari Jumat Kliwon juga tergolong bagus, karena mereka sering mendapatkan ide-ide kreatif yang akan disalurkan kepada dirinya sendiri. Meskipun begitu mereka juga terkenal sangat tidak suka untuk diatur, hal ini dikarenakan weton tersebut percaya kepada kemampuan yang dimiliki sehingga apa yang disarankan kepada mereka selalu ditolak mentah-mentah.

Ada juga beberapa watak buruk dari weton yang satu ini dimana mereka sangat suka membantah, mudah marah, ceroboh, dan sangat tegaan. Saking cerobohnya orang-orang tersebut sampai membuat mereka kurang waspada. Namun, sisi baiknya mereka dikenal sebagai orang yang suka menolong bahkan sangat sukanya menolong sampai-sampai mereka dikatakan boros.

Karir

Karena watak tidak suka diatur dan suka membantah membuat Jumat Kliwon lebih cocok jika bekerja sendiri. Beberapa pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah petani, peternak, dan beberapa jenis pekerjaan lainnya yang masih berhubungan dengan makhluk hidup. Selain itu mereka juga bisa bekerja di bidang jasa, keuangan, kesehatan, dan kecantikan.

Cinta

Untuk masalah asmara atau cinta mereka yang lahir di Jumat Kliwon akan sangat cocok jika memiliki kekasih yang lahir di weton dengan neptu antara 15 atau 10. Berikut adalah beberapa weton dengan jumlah neptu tersebut yaitu Minggu Legi, Rabu Kliwon, Kamis Pon, Jumat Pahing, dan Selasa Pon.

Hal ini karena dalam Primbon Jawa kuno para leluhur Jawa meramalkan bahwa antara kedua neptu tersebut akan membawakan kebahagiaan dan kemakmuran dalam rumah tangga. Namun, bukan berarti selain weton dengan jumlah neptu 10 atau 15 tidak bagus untuk Jumat Kliwon.

Rezeki

Beralih ke urusan rezeki dari weton ini yaitu kurang baik, karena mereka akan selalu mendapatkan masalah atau sangat susah ketika diharuskan untuk mencari rezeki. Lebih buruknya lagi apabila orang-orang yang lahir di weton ini memilih untuk bermalas-malasan dan hanya berdiam diri saja tanpa memikirkan pekerjaan.

Namun, jika Jumat Kliwon sudah bersungguh-sungguh ketika bekerja dan mau berjuang maka rezeki yang berlimpah akan datang menghampirinya. Saking banyaknya rezeki yang datang sampai-sampai melebihi semua rezeki yang diperoleh oleh keluarga. Weton tersebut juga dipercaya sebagai pembawa rezeki bagi keluarga terkhususnya orang tua.

Rezeki keluarga juga akan mengalami peningkatan apabila ayah atau kakak dari weton ini memiliki neptu dibawah 14. Namun jika neptu dari ayah dan kakak melewati 14 maka perekonomian keluarga akan biasa-biasa saja.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Weton atau konten menarik lain di Budaya Jawa:

Tinggalkan komentar